Blog ini masih dalam tahap pengembangan. Beri Masukkan!

Implementasi Fungsi Manajemen Dalam Event Festival 28 Bahasa Menurut Teori Luther Gullick

image_title_here

A. Teori Manajemen Luther Gullick

1. Pengertian Manajemen

Menurut Luther Gullick, manajemen adalah bidang pengetahuan yang berusaha secara sistematis memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemanusiaan[1].

2. Fungsi Manajemen

a. Planning (Perencanaan)
b. Organizing (Pengorganisasian)
c. Staffing (Penyusunan)
d. Directing (Pengarahan)
e. Coordinating (Koordinasi)
f. Reporting (Pelaporan)
g. Budgeting (Pembuatan Anggaran)
h. Controlling (Pengawasan)

B. Implementasi Fungsi Manajemen dalam Festival 28 Bahasa (F28B)

1. Planning (Perencanaan)

Dalam proses penyelenggaraan F28B ini, tentunya sudah direncanakan sejak awal. Bahkan kegiatan ini sudah menjadi kegiatan rutin tahunan di SMK Bakti Karya Parigi. Perencanaan ini bisa dituangkan dalam bentuk proposal kegiatan, dimana seluruh rencana yang akan dilakukan nantinya. Termasuk alternatif jika suatu saat terjadi permasalahan/kendala.

Ada beberapa tahap yang terjadi dalam melakukan perencanaan:

Tahapan yang dilalui dalam perencanaan Festival 28 Bahasa ini memiliki manajemen yang cukup baik, karena secara teoritis ini sangat kompleks sekali.

Dimulai dari konsep, proposal, perencanaan anggaran, mencari sponsor dan rekrutmen relawan.

image_title_here

2. Organizing (Pengorganisasian)

Dalam pengorganisasian F28B ini merekrut relawan mahasiswa, dimana memilih orang-orang yang memang mau untuk belajar dalam hal event. Pada dasarnya orang-orang yang berada dalam ke panitiaan itu harus aktif dalam berbagai hal terutama dalam tugas-tugasnya. Maka dari itu hal prinsip keaktifan ini diterapkan agar menjadi pembelajaran bagi orang-orang yang terlibat.

3. Staffing (Penyusunan)

Aktifitas yang dilakukan dalam fungsi ini, antara lain menentukan, memilih, mengangkat, membina, membimbing sumber daya manusia dengan menggunakan berbagai pendekatan dan atau seni pembinaan sumber daya manusia.

Festival 28 Bahasa ini memiliki penyusunan dalam beberapa tim, antara lain sebagai berikut:

Tim SBK ada 4 orang - Volunteer - Guru-guru yang menjadi pendamping

4. Directing (Pengarahan)

Dalam pengarahan Festival 28 Bahasa ini membentuk tim yang bisa untuk mengarahkan dalam menuju visi misi event.

  • Tim Utama: Tim untuk membantu dalam mencapai visi. Tim ini mengambil orang yang sudah berpengalaman dalam event.
  • Tim Penting: Orang-orang yang mau bergelut disiang malam.
  • Tim Hari Acara: Tim yang hanya membantu dalam pelaksanaan saja.

5. Coordinating (Koordinasi)

Koordinasi ini berfungsi untuk mengimbangi dan menggerakkan tim dengan memberikan penugasan yang cocok dengan masing-masing dan menjaga agar kegiatan itu dilaksanakan dengan keselarasan yang semestinya di antara para anggota itu sendiri.

Baca juga: Artikel Ilmiah Pendidikan Sebagai Ilmu dan Seni

Hal ini sama saja dengan sistem pengarahan karena dalam setiap divisi ada ketua koordinasinya, sehingga masing-masing divisi ada pengarahan dari controlling (ketua panitia).

6. Reporting (Pelaporan)

Dalam hal ini, pelaporan sangat penting dalam manajemen. Karena untuk keperluan administrasi dan bisa dipantau oleh ketua atau penanggung jawab. Dimulai dari anggaran yang dikeluarkan, atau pemasukkan dari pembelian tiket dan lain sebagainya.

7. Budgeting  (Pembuatan Anggaran)

Festival 28 Bahasa ini diselenggarakan oleh SMK Bakti Karya Parigi, tetapi yang ikut berpartisipasi dalam mewujudkan F28B ini adalah publik. Adapun yang menjadi sumber pendanaan F28B ini adalah Sponsorship, Donatur dan sumber anggaran lainnya.

8. Controlling  (Pengawasan)

Pengawasan sangatlah penting pada jalannya suatu event, karena tanpa adanya pengawasan sebuah visi misi dari event tersebut bisa tidak terlaksanakan. Yang menjadi controlling dalam F28B ini yaitu Ketua Panitia.

*Disusun oleh Nur Aziz (1152201025). Seluruh data dan fakta itu hasil wawancara narasumber yaitu Ketua Pelaksana (Jujun Junaedi, S.Pd)

Daftar Pustaka

Faqiha, Kiki, ‘Pengertian Manajemen Dari Berbagai Segi Menurut Ahli Dan 4 Fungsinya’, Detik.Com, 2021 <https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5542060/pengertian-manajemen-dari-berbagai-segi-menurut-ahli-dan-4-fungsinya> [accessed 30 October 2022] 

image_title_here image_title_here image_title_here image_title_here

Post a Comment