Blog ini masih dalam tahap pengembangan. Beri Masukkan!

Gelar Uji Kompetensi Keahlian di SMK Bakti Karya Parigi

 

Foto kegiatan magang di Anindhaloka, Jakarta Selatan.

Uji Kompetensi Keahlian Keahlian (UKK) merupakan bagian dari seluruh rangkaian Uji Kompetensi Keahlian Keahlian yang akan digunakan untuk menilai kompetensi peserta didik mengenai suatu mata pelajaran yang diujikan secara praktik langsung. Ujian praktik ini juga merupakan rangkaian dari ujian akhir siswa kelas XII yang disikapi secara serius oleh para siswa. Persiapan matang dilakukan untuk menghadapi ujian ini. Bukan hanya ujian sekolah maupun Uji Kompetensi Keahlian Keahlian yang menjadi penentu kelulusan siswa. Nilai ujian pun punya andil dalam menambah nilai untuk kelulusan maka tidak boleh dianggap remeh.

SMK Bakit Karya Parigi (SBK), telah melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian kelas XII yang dilaksanakan pada tanggal 12-14 April 2022, sejumlah 30 siswa terbagi menjadi tiga sesi, satu sesinya terdiri dari 10 orang. Dengan program jurusan multimedia, siswa harus mencapai tujuan kompetensi dari jurusan Multimedianya, yaitu membuat packaging produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Tujuan yang ditargetkannya itu harus bisa tercapai hingga target minimum. 

Proses siswa dalam mengikuti Uji Kompetensi Keahlian, dimulai dari mereset produknya, target pembelinya hingga style yang cocok untuk pengemasan packaging produk tersebut. Setelah itu, para siswa ditugaskan untuk membuat branding dari produknya, desain label menggunakan software Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop, yang dibuat semenarik mungkin sehingga bisa memuat value lebih dari estimasi pengujiannya.

Athif Roihan Natsir, S.IP selaku kepala sekolah, bekerjasama dengan Percetakan Djaya Print yang bertujuan untuk menjadi pengawas sekaligus penguji. Ia juga menegaskan tujuan Uji Kompetensi Keahlian ini penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik, sehingga peserta didik bisa mendapatkan sertifikasi profesi/keahlian.

Post a Comment