Blog ini masih dalam tahap pengembangan. Beri Masukkan!

#MataSehat: Prioritaskan Kesehatan Mata, Agar Bisa Melihat Dunia

klinik-mata

Saat kamu masuk ke ruang operasi, kamu baru sadar bahwa kesehatan itu betapa berharganya. - Steve Jobs

Table of Contents

Apa yang dikatakan Steve Jobs ini sangat benar sekali, seringkali kita berpikir bahwa kesehatan itu hal yang sepele dan beranggapan bisa diobati nanti juga. Masalahnya bukan bisa diobati atau tidaknya, tapi seberapa pentingkah kita menjaga kesehatan daripada harus mengobati yang sudah tidak sehat.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, itu betul sekali. Tapi sifat manusia yang sering menyepelekan hal yang tidak sepele itu sangat sering terjadi. Kejadian ini pernah saya alami ketika pandemi covid-19. Kesehatan mata saya terganggu waktu itu, saya hidup siang malam belajar dan ngerjain tugas secara terus menerus berhadapan dengan ponsel dan laptop.

Mata saya hampir tidak bisa melihat layar ponsel dengan jarak minimal 30 cm lagi, saya harus melihat layar ponsel lebih dekat jaraknya. Dan itu tidak wajar bagi saya karena saya tidak terbiasa seperti itu tetapi waktu itu tiba-tiba harus melihat layar ponsel lebih dekat. Keresahan mulai terjadi, saya nyari-nyari info tentang cara mengatasi penglihatan yang harus dalam jarak dekat alias ‘rabun jauh’.

Mata merupakan anggota tubuh yang perlu kita jaga, dengan adanya mata kita bisa melihat semua keindahan di dunia ini. Maka dari itu menjaga kesehatan mata merupakan kewajiban kita agar mata kita terhindar dari segala penyakit yang membahayakan. Banyak sekali macam-macam penyakit yang sering menyerang kesehatan mata, seperti mata kering, katarak, gangguan retina dan berbagai penyakit lainnya yang dapat mengganggu penglihatan seseorang.

Untuk meminimalisir penyakit-penyakit tersebut, kita bisa menerapkan kiat-kiat menjaga kesehatan mata. Apa saja itu?

1. Lindungi Mata

klinik-mata
Memberikan perlindungan mata ketika beraktivitas di luar ruangan/Sumber: Canva

Mata memiliki permukaan yang sensitif termasuk paparan sinar matahari, bahkan seringkali mata kita tak sengaja kemasukan benda asing yang membuat mata kita menjadi kesakitan dan perih. Maka dari itu, gunakanlah pelindung mata seperti kacamata ketika berada diluar ruangan.

2. Penuhi Kebutuhan Gizi

klinik-mata
Memenuhi kebutuhan gizi mata, agar mata tetap stabil dan terjaga/Sumber: Canva

Mata juga membutuhkan vitamin seperti anggota tubuh lainnya, hal ini merupakan upaya untuk menjaga kesehatan mata kita. Jangan sampai lupa penuhi vitamin dengan memakan makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3.

Vitamin tersebut bisa menangkal penyakit mata yang diakibatkan oleh usia, seperti katarak dan degenerasi makula. Memangnya makanan apa yang mengandung vitamin tersebut? Kita bisa mengkonsumsi  tuna, telur, salmon, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan jeruk. Makanan tersebut memang identik dengan makanan keseharian kita, jadi jangan lupa ya.

3. Batasi Menatap Layar

klinik-mata
Batasi menatap layar secara terus menerus/Sumber: Canva

Keseharian kita sekarang sudah dipenuhi dengan menatap layar, mau tidur tatap layar, lagi makan tatap layar, hampir semua aktivitas kita seharian dipenuhi dengan menatap layar. Dilansir dari laman MDLinx, 21 Januari 2021. Orang dewasa tercatat menghabiskan 13,5 jam per hari di depan layar, naik dari 8 jam 41 menit pada musim panas sebelumnya. Cukup miris bukan? Betapa lelahnya itu mata ketika menatap layar hingga 13,5 jam perhari.

Mulai dari sekarang cobalah untuk mengurangi penggunaan gadget selain bekerja. Tapi walaupun kita bekerja dengan terus menerus menatap laptop maupun gadget, ada cara untuk mengantisipasi kelelahan pada mata. Kita bisa mengalihkan pandangan mata kita selama 20 detik, setiap 20 menit sekali atau dengan mengistirahatkan mata kita selama 15 menit setiap 2 jam sekali.

4. Periksa Mata Secara Rutin

klinik-mata
Memeriksa mata secara rutin bersama kmu.id dengan pelayanan terbaik/Sumber: Canva

Langkah selanjutnya dengan memeriksa mata secara rutin minimal 1-2 tahun sekali. Tidak kenal usia baik anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia perlu diadakan pemeriksaan mata supaya dokter mata bisa mengetahui kondisi dan perkembangan mata kita. Tapi tenang kamu tak perlu risau dengan pemeriksaan mata yang mahal, tentunya ada Klinik Mata KMU yang siap membantu kamu dalam pemeriksaan mata secara rutin.

Selain itu kamu juga bisa Laser In Situ Keratomileusis atau Lasik adalah prosedur laser untuk mengoreksi gangguan refraksi (mata minus/rabun jauh, silinder, rabun dekat) sehingga terbebas dari alat bantu penglihatan seperti kacamata dan contact lens. Jadi ya bukan hanya memeriksa mata saja, disaat kamu ada kelainan kamu bisa Lasik yang pastinya aman.

Sekilas Tentang Klinik Mata KMU

klinik-mata
Halaman website Klinik Mata KMU/Sumber: kmu.id

Klinik mata unggulan yang ada di Indonesia, menawarkan pelayanan yang baik dalam segi pemeriksaan kesehatan mata. Klinik ini juga siap memberikan pelayanan bersama dokter mata unggulan tentunya sudah profesional, serta kamu juga bisa melakukan perawatan khusus "One Day Care", teknologi yang canggih dalam menunjang pemeriksaan pastinya aman dan bersertifikasi.

Mari Merawat Mata, Periksa Mata, Agar Bisa Melihat Dunia…
World Sight Day!

Referensi:

https://kmu.id/
https://nationallasikcenter.id/

Post a Comment