Blog ini masih dalam tahap pengembangan. Beri Masukkan!

Mata Kuliah Akuntansi: Dasar-Dasar Akuntansi dalam Berbagai Aspek

dasar-akuntansi
Dasar-Dasar Akuntansi/Ilustrasi Keuangan

Soal No. 1

a. Sudut Akuntansi Pemakai: Menurut Mujairimi dalam buku Pengantar Akuntansi 1: Berdasarkan SAK ETAP (2017), Akuntansi merupakan suatu disiplin yang menyediakan informasi untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan suatu entitas.

b. Sudut Akuntansi Kegiatan: Menurut Johar Arifin dalam buku Akuntansi Pajak dengan Microsoft Excel (2009), Akuntansi merupakan proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan, dan analisis data keuangan sebuah organisasi.

Soal No. 2

a. Informasi akuntansi adalah sebuah data yang berisikan laporan keuangan yang ada pada perusahaan. Dalam suatu perusahaan, akan ada beberapa pihak yang menggunakan informasi akuntansi tersebut, seperti:

b. Pemilik perusahaan: cara pemilik perusahaan menggunakan informasi akuntansi adalah untuk menilai apakah perusahaan tersebut masih layak untuk dipertahankan atau sebaiknya diberhentikan saja kegiatan operasinya karena terlalu merugikan.

c. Pemberi kredit: cara pemberi kredit menggunakan informasi akuntansi adalah dengan cara menilai kesanggupan perusahaan untuk membayar kredit yang diajukan dan juga digunakan untuk menentukan batas maksimal jumlah kredit yang bisa diajukan oleh perusahaan.

d. Pemasok: cara pemasok menggunakan informasi akuntansi adalah dengan cara menilai kemampuan perusahaan untuk melakukan pembayaran terhadap bahan baku yang sudah perusahaan beli kepada pemasok.

e. Manajemen: cara manajemen menggunakan informasi akuntansi adalah dengan cara menilai kemampuan perusahaan untuk menjalankan segala rencana yang dibuat oleh pihak manajemen yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan perusahaan.

f. Investor: cara investor menggunakan informasi akuntansi adalah dengan cara memproyeksikan keuntungan yang akan didapat apabila investor tersebut melakukan penanaman modal kepada perusahaan.

Soal No. 3

Akuntansi dapat bekerja dalam bidang:

a. Akuntansi Interen adalah akuntan yang bekerja dalam sebuah perusahaan atau organisasi yang bertujuan mencari laba atau suatu organisasi nirlaba.

b. Akuntansi Publik adalah akuntan beserta stafnya yang bekerja untuk memberi jasa akuntansi bagi masyarakat (publik).

Bidang-bidang akuntansi meliputi:

a. Bidang Akuntansi Publik,terdiri dari:

- Audit atas laporan keuangan (Auditing)

- Akuntansi Perpajakan

- Konsultasi Managemen

- Perancangan Sistem Akuntansi

b. Bidang Akuntansi Interen,terdiri dari:

- Akuntansi Umum (Pembuatan Laporan Keuangan)

- Akuntansi Biaya

- Peranggaran

- Audit  Interen

Soal No. 4

a. Bentuk-bentuk organisasi perusahaan dalam masyarakat:

- Badan Usaha Perorangan

- Badan Usaha Persekutuan

- Badan Usaha Perseroan

Soal No. 5

a. Konsep Entitas

Adalah konsep yang paling dasar di dalam akuntansi dimana suatu oerganisasi atau suatu bagian dari organisasi yang terpisah dari organisasi.

b. Prinsip Obyektivitas

Adalah catatan akuntansinya hanya didasarkan atas pendapat yang tidak berdasar atau opini belaka dan akan menimbulkan atau dapat menjadi subyek bagi perselisihan.

c. Prinsip Cost (Biaya Perolehan)

Adalah prinsip yang menyatakan aktiva dan jasa yang diperoleh harus dicatat menurut data aktual.

Soal No. 6

a. Aset atau aktiva adalah kekayaan yang dimiliki suatu perusahaan.

b. Kewajiban adalah tuntutan-tuntutan dari pihak luat yaitu kewajiban ekonomis,utang atau pinjaman yang harus dibayar kepada pihak luar.

c. Modal adalah hak pemilik perusahaan atas kekayaan atau aset perusahaan.

d. Pendapatan adalah penghasilan yang timbul dalam pelaksanaan aktivitas perusahaan.

e. Beban adalah beban perolehan aset yang dikonsumsi atau jasa yang digunakan dalam proses memperoleh pendapatan.

Soal No. 7

Bidang Pendidikan: Untuk mencapai tujuan desentralisasi pendidikan, pemerintah perlu melakukan restrukturisasi dalam penyelenggaraan pendidikan, terutama yang berkenaan dengan struktur kelembagaan pendidikan.

Bidang Organisasi: penerapan akuntansi di dalam organisasi itu sangat diperlukan karena suatu organisasi membutuhkan informasi keuangan yang sangat membantu untuk mengambil keputusan.

Bidang Pemerintahan: Bidang akuntansi ini bertujuan untuk menyajikan sebuah laporan keuangan, pengendalian dan pengawasan keuangan negara.

Post a Comment