Blog ini masih dalam tahap pengembangan. Beri Masukkan!

PRNM Gelar Pelatihan Calon Content Creator Khusus Jurnalistik

image_title_here

SUMENEP NEWS – Pada hari ini Senin, 10 Oktober 2022 Pikiran Rakyat Media Network (PRNM) mengadakan pelatihan kepada calon content creator yang akan ikut berkontribusi di beberapa portal Pikiran Rakyat.

Dengan begitu antusiasme para peserta yang hadir sekitaran 150 orang, pelatihan ini berhasil dilaksanakan untuk sesi yang pertama.

Pelatihan ini dibuka dengan sambutan oleh moderator Andika Thaselia sebagai mentor PRNM juga, ia menyampaikan selamat datang dan selamat bergabung dengan PRNM.

Lalu, pelatihan ini menghadirkan sosok yang sukses dalam berkarir sebagai content creator di PRNM. Bryan Tarore mampu untuk menghasilkan 5 juta di bulan pertamanya.

Bryan yang berlatar belakang seorang desain grafis di salah satu media cetak, ia harus beralih ke media digital hanya karena faktor Covid-19.

"Saya Bryan salah satu content creator asal Teras Gorontalo. Saya sebelumnya bekerja sebagai desain grafis di koran. Tapi karena kemarin Covid saya terpaksa harus freelance dan dapat tawaran dari teman saya untuk bergabung di Teras Gorontalo," ungkap Bryan.

Dengan begitu semangat untuk menembus dunia kepenulisan, Bryan berhasil mencapai 30 juta di bulan kedua.

Kisah ini menjadi cerminan bagi calon content creator yang akan terjun ke dunia yang sama yaitu kepenulisan di PRNM.

"Saya bisa mencapai saat ini, berkat saya bisa konsisten menulis sekitar 10 artikel per harinya, awalnya saya hanya bisa menulis 3 sampai 7 artikel. Tapi berkat masukan dari editor-editor saya mampu untuk menulis 10 artikel per hari," jawab Bryan saat ditanya oleh salah satu peserta.

Bryan juga menitipkan pesan untuk calon-calon content creator agar bisa konsisten walaupun pelan-pelan, karena sesungguhnya usaha tidak akan menghianati hasil.

Selanjutnya, pelatihan ini dilanjutkan dengan pemaparan materi dari salah satu mentor PRNM yaitu Muhammad Bayu Pratama.

Ekosistem media digital diera sekarang sudah bisa menebar informasi yang cukup cepat dalam jangkauan yang luas.

Muhammad Bayu Pratama selaku mentor PRNM menjelaskan bahwa sebagai content creator itu harus bisa selektif dalam pemilihan informasi.

Bayu juga menjelaskan bahwa begitu banyaknya informasi yang tersebar di beberapa portal, tetapi kualitas informasinya yang masih diragukan dan kurangnya validasi.

Selain sumber untuk mencari penghasilan, adanya rekrutmen content creator ini mengharapkan bisa meningkatkan kualitas portal Pikiran Rakyat agar semakin tinggi dan jauh lebih dipercaya oleh masyarakat.

Bayu menyampaikan terkait penulisan artikel itu ada aturannya, dimulai dari SEO, On Page Google, dan sumber-sumber penghasilan yang masuk di PRNM.

Pelatihan sesi pertama ini ditutup dengan penugasan membuat artikel dengan ketentuan tertentu.***

Post a Comment