Blog ini masih dalam tahap pengembangan. Beri Masukkan!

Resume: Administrasi di STITNU Al-Farabi Pangandaran

image_title_here

Pengertian Administrasi

Menurut Dr. Sondang Siagian (2012:13 administrasi dapat didefinisikan sebagai keseluruhan proses kerja sama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. 

Bisa disimpulkan bahwa administrasi itu proses untuk menata sebuah data agar bisa disimpan sebagaiamana mestinya. Dalam akademik juga diperlukan yang namanya administrasi, guna untuk mempermudah prosesnya.

Dalam administrasi juga bukan hanya sebatas proses menata berkas/data, tetapi dalam kehidupan sehari-hari juga administrasi sangat diperlukan. Bisa dianalogikan dalam berwudhu, rukun wudhu yang ke-6 adalah tertib, yang berarti tertib dalam artian harus melakukan sesuai dengan aturannya, tidak bisa mendahulukan yang harusnya terakhir, begitu pun sebaliknya.

Transformasi Sistem Administrasi Akademik

Dengan seiring waktu sistem administrasi mengalami perubahan diera revolusi 4.0, khususnya administrasi akademik sudah berpindah dari yang tadinya manual menjadi Sistem informasi akademik (SIAKAD) online. Perlu diketahui dengan adanya SIAKAD ini untuk membantu dalam memudahkan manajemen dan civitas kampus.

Adapun yang dimaksud SIAKAD online adalah sebuah sistem administrasi yang dibangun untuk memudahkan kepada penggunanya baik itu dosen, mahasiswa dalam kegiatan administrasi di kampus.

Kegiatan ini seperti; Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), penjadwalan kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), mengolah nilai, perwalian, dan pengelolaan data baik itu dosen maupun mahasiswa.

Proses Administrasi Di STITNU Al-Farabi Pangandaran

Adapun proses sistem akademik di STITNU Al-Farabi meliputi:

PMB  → Registrasi → KRS → PPL → KKN → Skripsi → Wisuda

Selain itu, adapun proses sistem registrasi yang akan dilakukan oleh mahasiswa baru sebagai berikut:

Nomor Induk Mahasiswa (NIM) → PDDIKTI → Nomor Induk Ijazah Nasional (NINA)

Setelah melakukan proses registrasi, sepanjang kuliah mahasiswa akan melakukan berbagai tahap:

KRS → UTS → UAS → KHS

Untuk mendukung proses-proses diatas, diperlukanlah yang namanya SIAKAD online. Selain untuk memudahkan mahasiswa, SIAKAD ini bisa mengefektifkan waktu karena SIAKAD ini sudah bisa diakses oleh berbagai perangkat, baik itu laptop, tablet, maupun smartphone.


Post a Comment